Kamis, 19 November 2009

Beginikah cara Alfamart mendidik karyawannya?

Hari Selasa tanggal 17 November 2009 kemarin, gw dan suami iseng2 ke Alfamart yang baru buka deket kompleks rumah kami. Sebenernya sih I prefer to shop in Indomaret than in Alfamart. Tapi karena gw suka penasaran sama hal ngga penting, akhrinya cobain lah kita iseng2 mo beli snack di Alfamart baru itu...

Udah selesai pilih2 apa aja yang mo dibeli, kita ke kasir dong. Total belanjaan gw Rp.xx.500. Aduh gw bener2 lupa loh xx nya tuh brp. Pokoknya ya 20ribuan something deh kayanya. Gw bayar pake uang pecahan Rp.50.000,- dan seperti yang kalian semua ketahui, pasti kembaliannya ada pecahan Rp.500 an dong...

Eh taunya, pas mo terima kembalian dan bon belanjaanya, kasirnya enteng bngt ngomong gini "Maaf bu, kami sedang tidak ada 500-an, boleh ngga 500nya diganti dengan ini", sambil nunjuk sebuah snack, mirip astor gitu deh. Gw juga ngga jelas apa. Suami langsung panas. Iyalah hari gini booo.... 500 tuh ngga sedikit loh. Dan 500 tuh masih blm bisa dikategorikan sebagai duit kecil banget ya ngga sih...

Akhirnya suami bilang gini "Yauda mba, besok saya belanja lagi, saya bayarnya pake gituan ya?", sambil nunjuk snack yang tadi ditawarin sama si mba kasir. Si mba kasir enteng bngt bilang "ngga bisa, bapak". Langsung aja gw bentak "jualan yang bener lah mba! tukerin aja uang nya kedepan, banyak kok pedagang didepan yang mau ditukerin uang kecil! apalagi sebelah sini wartel!", kata gw sambil nunjuk ke rumah sebelah. Emang bener sih itu wartel, pasti punya duit kecil bnyk kan.

Si mbaknya senyam senyum ngorek2 laci duitnya, dan.... ada kok 3 keping pecahan 200. Mo minta gw kembaliin duit cepean lo? Gw juga punya....

Gw jadi mikir ya, ini emang si kasirnya yg bodoh, apa Alfamart nya sih yg ngajarin pegawainya untuk berbuat kaya gini? Soalnya menurut gw ini jadi modusnya jual secara paksa kan. Ya iyalah, si customer ngga punya pilihan lagi toh selain ambil barang yg ditawarin si kasir?

Coba aja, itu baru 1 customer loh. Sehari dia ngembat brp customer tuh? Dan brp keuntungan dia per hari dari jualan secara paksa begitu?

Bener2 ngga ngerti deh cara jualan disini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar