Senin, 18 Januari 2010

Hell yeah! I'm cooking!

Waktu tinggal di Jerman dulu, tiap hari pasti gw masak. Secara ga mungkin duit gw cukup buat beli makanan... Makan di mensa Uni aja paling murah berkisar 3 Euro, sementara kalo blanja di supermarket, 3 euro uda bisa kebeli ayam 1 ekor (1.89 Euro) plus bumbu buat masaknya, atau condiments nya (kentang, sayuran, etc).

Jadi waktu di jerman ampir tiap hari gw masak ayam, soalnya murah. Kecuali lagi ada angebot (promo) di walmart atau aldi, atau lidl, daging sapi or pork kadang2 murah, sikaaatttt langsung!

Sejak pindah balik ke tanah air (terutama setelah menikah), gw jarang bgt masak. Pertama, gw ga sempet (gada waktu, cuy! sibuk...), kedua, masak sepertinya lebih mahal daripada kita beli makanan diluar.

Tapi... hari Jumat kmrn dalam rangka ngabisin stok makanan di freezer, gw masak! Yang gampil gampil ajalah. Gw bikin nasi gila! Hehe... Mike doyan nasi gila, biasa kita suka jajan nasi gila dkt rumah, tapi kali ini gw coba bikin ah sapa tau enak...

Resep nasi gila ala gw :

Bahan A
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 batang daun bawang, dipotong2
4 buah cabe merah keriting, dipotong2
4 buah susis sapi, potong2
10 butir bakso sapi, potong2
2 ons fillet ayam, potong2
kecap manis, saos tomat, minyak wijen, lada, garam - secukupnya

Bahan B (diaduk jadi 1)
1/2 kaleng kornet sapi
2 butir telur ayam

Cara bikinnya juga gampaaaang banget :
1. Tumis bawang putih sampai harum
2. Masukkan bawang merah, tumis sampe lebih harum lagi
3. Masukkan cabe merah, aduk2
4. Masukkan susis, bakso, fillet ayam, aduk2 sampe mateng
5. masukkan bahan B (kornet + telur), aduk2 lagi
6. Masukkan bumbu2 kecap manis, saos tomat, minyak wijen, lada, garam
7. Aduk2 lagi sampe mateng
8. Tuang diatas nasi hangat

...and VOILA!

1 komentar:

  1. wah resep nasi gilanya mudah, makasih infonya. he..he.. ntar mau aku coba dirumah. :)

    BalasHapus